Perbedaan Lantai Kayu Solid dan Laminate

Macam Lantai Kayu
Perbedaan Lantai Kayu Solid dan Laminate - Diwaktu kita sudah meyakinkan diri kita untuk memilih lantai kayu sebagai pilihan lantai dasar untuk ruangan di dalam rumah. Kita kembali dipusingkan untuk memilih kembali diantara dua pilihan berikut : lantai kayu solid atau lantai kayu laminate. Untuk beberapa orang yang masih belum mengerti perbedaan dari dua lantai itu akan sangat membingungkan dikarenakan sama- sama mempunyai tampilan kayu. Apa yang menjadi perbedaan dari dua lantai kayu tersebut?. Disini kita akan coba menjelaskan mulai dari proses terjadinya lantai kayu solid begitupula lantai kayu laminate, kemudian menuju ke perbedaan berdasarkan harga, kekuatan dan pemasangan.

 
Lantai Kayu Solid

Lantai Kayu Solid

Lantai kayu solid bersifat natural, karena memang didapatkan langsung dari pohon tertentu seperti: pohon jati, pohon merbau, pohon kempas, bengkirai dan lain- lain. Proses selanjutanya adalah memotong kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan atau standart potongan kayu untuk flooring/parket, setelah proses pemotongan sesuai dengan ukuran yang dikehendaki langkah selanjutnya adalah pengeringan kayu atau bisa disebut pengovenan kayu dimana pengeringan kayu ini betujuan untuk menstabilkan kayu agar tidak muai ataupun susut karena kalau kayu masih basah akan muai susut sesuai dengan keadaan suhu sekitar, langkah selanjutnya setelah pengeringan selesai kemudian masuk ke dalam proses planner atau pembentukan kayu sesua dengan ukuran sebenarnya setelah proses planner potongan kayu yang sudah halus masuk ke dalam proses TnG (Tounge and Groove) sampai disini lantai ini disebut lantai kayu solid unfinish, setelah selesai menjadi lantai kayu solid sesuai dengan ukurannya Masuk ke proses pemilahan sesuai dengan grade, warna dan ukurannya lalu kemudian dilanjutkan ke proses finishing (coating + anti gores).

Lantai Kayu Laminate
 

Lantai Laminate

Disebut lantai kayu laminate karena mempunyai permukaan seperti kayu. Sebenarnya lantai laminate tidak hanya bisa meniru kayu saja bahkan batu atau bahan- bahan lainnya bisa ditiru. Pada dasarnya lantai laminate ini terdiri dari 4 lapisan:
Top layer : Layer transparant ini hampir sama dengan coating untuk lantai kayu solid. Terbuat dari melamine resin gunanya untuk menambah daya tahan lantai laminate
Dekorasi Layer : Bisa juga disebut print film, inilah layer yang memberikan tampilan seperti kayu dan bahan lantai lain- lain. Diprint dengan resolusi yang tinggi. Layer ini akan diberi perekat di dua sisinya untuk penyatuan top layer dan core layer.
Core Layer : Atau bisa disebut HDF (High Density Fireboard) terbuat dari serbuk kayu yang kemudian dicampur dengan beberapa bahan seperti perekat, resin dan lain- lain. Kemudian di press dengan tekanan dan suhu tinggi.
Stabilize Layer : Lapisan paling bawah yang kegunaannya adalah untuk menjaga kelembapan dari lantai laminate.
Keempat layer tersebut diatas di press bersamaan dengan tekanan dan suhu tertentu, kemudian di biarkan dingin. Setelah itu baru dipotong- potong sesuai ukuran tertentu, dilanjutkan proses pemberian TnG dan kemudian di packing.

Harga

Untuk harga tidak bisa dipungkiri harga lantai laminate lebih murah dibandingkan dengan lantai kayu solid. Tetapi dengan harga lebih murah Anda akan hanya mendapatkan penampakan lantai yang Anda sukai, semisalnya kayu, akan tetapi tidak bisa merasakan benar- benar apa yang diberikan oleh lantai kayu solid. Lantai kayu solid biasanya memberikan ukuran yang random sedangkan dengan lantai laminate biasanya ukurannya sama atau satu ukuran.

Kekuatan

Untuk kekuatan lantai kayu solid lebih kuat dibandingkan dengan lantai kayu laminate karena lantai kayu solid terbuat dari full kayu sedangkan lantai kayu laminate terbuat dari HDF (High Density Fireboard) terbuat dari serbuk kayu sehingga untuk kekuatannya tidak sebagus lantai kayu solid, lantai kayu laminate biasanya tidak tahan lama apabila terkena lembab karena kelembapan akan merusak HDF dari lantai kayu laminate tersebut.

Pemasangan

Kedua lantai tersebut mudah dalam pemasangan karena sama- sama mempunyai TnG, Untuk lantai kayu laminate dan lantai kayu solid yang sudah Finising pemasangannya akan mudah Sedikit lem atau paku untuk membuat lantai barisan pertama tidak bergerak, kemudian pasang/susun semua lantai dengan mudah. Berbeda bila lantai kayu solid unfinish dimana pemasangannya membutuhkan beberapa step sehingga pemasangannya agak lama dibandingkan dengan lantai kayu solid yang sudah Finising Pabrik. Untuk cara pemasangan akan kami berikan artikel lain agar anda bisa melihat (visualisasikan) bagaimana cara pemasangan lantai kayu solid Unfinish dan lantai kayu solid yang sudah Finishing 

Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu Anda memilih apa yang menjadi pilihan untuk lantai di dalam rumah Anda. Untuk katalog harga, kami hanya menyediakan lantai kayu solid, silahkan mengunjungi halaman harga lantai kayu atau langsung menghubungi kontak person marketing kami.






Kontak Giri Parket

Jl Kauman Raya No 168
Bangetayu Wetan, Wolter Monginsidi
Depan Stasiun Alas Tua - Semarang
Tlp Kantor dan Fax: 024-76586504

Tlp Mobile/WA : 085-7272-6666-9 (Santo)
Tlp Mobile/WA : 081-227-222-321 (Agung)


  Email: giriparquet@gmail.com
Email: giriparket@gmail.com
FB : http://www.facebook.com/giri.parket

Lokasi Giri Parket