Cara Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Mengkilap

Cara Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Mengkilap - Tanpa Anda sadari ketika kita memasuki sebuah rumah, kaki akan menyentuh lantai dan akan merasakan perasaan nyaman, dingin, hangat dan lain-lainnya setelah itu pandangan kita akan terpaku dengan lantai tersebut yang kemudian ke seluruh ruangan. Banyaknya jenis bahan atau material untuk pelapis lantai menjadi pertimbangan yang sangat signifikan seperti halnya dengan cara merawat hingga terlihat tetap bagus dan nyaman untuk dilalui.

Dari jaman dahulu hingga jaman modern lantai kayu adalah satu dari beberapa material lantai yang banyak di inginkan untuk terpasang di dalam rumah. Sebagai salah satu material lantai yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Bahan material ini sering di gunakan pada umumnya di kamar tidur, ruang keluarga, tangga, bahkan sampai dapur dan tempat lainnya.

Namun sayangnya walaupun mempunyai nilai seni yang tinggi dan tingkat kenyamanan yang tinggi pula, prosentase pengguna material kayu sebagai pelapis lantai  lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna keramik, teraso, marmer atau bahan lainnya. Hal ini disebabkan dengan cara merawat lantai kayu yang dianggap susah agar tetap mengkilap. Di bawah ini adalah beberapa cara merawat lantai kayu atau rutinitas yang bisa anda lakukan.

1.      Menyapu
Hal ini menjadi rutinitas sehari-hari yang tak terhindarkan untuk semua jenis material pelapis lantai lainnya agar debu dan kotoran tidak mengendap terlalu lama di permukaan lantai.

Pemilihan sapu berbulu lembut adalah pilihan yang baik hingga akan mengurangi atau menghindari goresan di lantai kayu jika lantai kayu kita tidak memiliki lapisan anti gores. Akan tetapi saya tetap menyarankan penggunaan sapu dengan berbulu lembut atau mungkin sebagai alternatif jika belum memilikinya saat ini, bisa menggunakan sulak/kemoceng yang bebahan bulu ayam atau rafia.

Akan lebih baik lagi dan sangat-sangat di anjurkan bila Anda mempunyai alat Vacum untuk membersihkan kotoran dan debu di lantai kayu tanpa goresan.

2.      Mengepel
Tidak bisa disamakan dengan material lantai yang lain yang dapat di pel dengan Air. Musuh dari lantai berbahan kayu ini adalah kelembaban dimana air dapat meningkatkan kelembaban yang jika tidak kering dan terserap akan merubah struktur kayu seperti melengkung ataupun bunyi yang terjadi ketika lantai diinjak.

Untuk itu bila memang terpaksa menggunakan air, gunakan lah sesedikit mungkin dan pastikan untuk segera mengeringkan permukaan hingga tidak terserap oleh kayu atau masuk ke sela2 lantai kayu Anda.

Lebih disarankan untuk menggunakan bahan yang benar-benar di peruntukkan bagi lantai kayu seperti teak oil, pledge bisa di berikan sesuai kebutuhan setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali agar lantai kayu terawat dengan baik.

3.      Penggunaan Lap Kering
Gunakan tissue atau lap kering ketika lantai kayu Anda terkena noda minuman atau makanan.

Air perasan jeruk lemon atau belimbing wuluh sangat berguna untuk menghilangkan noda yang membandel. Atau beri cuka putih ke noda di lantai yang kemudian diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan lap kering.

Tidak hanya untuk membersihkan noda yang membandel beberapa bahan tersebut di atas juga dapat membuat lantai kayu Anda nampak berkilau.     
                                         
4.      Memindahkan Barang/Perabotan
Hindari pemindahan perabotan atau furnitur Anda dengan cara menggeser meskipun lantai kayu anda telah di lapisi dengan anti gores. Akan berbeda jika Anda telah memberi tambahan kain yang bisa dibeli di beberapa toko untuk di pasang di kaki-kaki perabotan atau furnitur anda, namun jika Anda tidak memilikinya akan lebih baik untuk mengangkat dalam memindahkannya.

5.      Menambahkan Karpet
Penambahan karpet sering dilakukan beberapa pengguna lantai kayu demi menjaga keindahan lantai. Pilihlah karpet yang tidak licin dibagian bawahnya untuk keamanan keluarga Anda. Lakukan penjemuran karpet untuk menghindari kelembaban yang akan berpengaruh juga terhadap lantai kayu.

6.      Lain-lain
Sebisa mungkin tidak membiarkan binatang peliharaan Anda masuk ke ruangan berlantai kayu karena terkadang kuku mereka bisa meninggalkan goresan di lantai kayu. Mengurangi penggunaan alas kaki berbahan keras dan juga memasang keset di setiap ruangan akan cukup membantu menghindari kotoran menodai lantai kayu atau pun meresap air di kaki yang basah sebelum kaki menyentuh lantai berbahan kayu.

itulah beberapa langkah yang bisa membuat lantai kayu agar tetap mengkilap dan apabila anda ingin menggunakan lantai kayu dan ingin melihat harga lantai kayu anda bisa liat di katalog harga lantai kayu di giri parket atau anda bisa langsung hubungi kami dikontak person untuk tanya seputar harga dan spesifikasi lantai kayu               

Lokasi Giri Parket

Google+ Followers