Mana Yang Lebih Bagus Lantai Kayu Solid atau Laminate

Lantai Kayu Solid
Mana yang lebih bagus lantai kayu solid atau laminate mungkin anda pernah bertanya atau sedang bingung memilih antara lantai kayu solid dan lantai kayu laminate. Memilih bahan atau material untuk lantai dasar rumah kita adalah sesuatu hal yang termasuk penting. Tema dan konsep yang diusung untuk suatu rumah akan berimbas dengan pilihan lantai yang kita inginkan. Mulai dari granit, ubin, keramik, beton, marmer dan mungkin masih ada yang lainnya tentu dengan variasi harga- harga berbeda-beda pula.

Lantai Kayu Solid dan Lantai Laminate

Lantai kayu menjadi salah satu pertimbangan untuk pemilihan lantai dasar di dalam rumah, perkantoran maupun tempat olahraga. Untuk di dalam rumah lantai kayu menjadi suatu pilihan karena sangat mudah berbaur dengan konsep rumah sederhana, minimalis maupun modern. Merupakan satu kelebihan dari lantai kayu ataupun lantai bermotif kayu untuk dapat di aplikasikan ke konsep apapun karena sifat natural yang didapatkannya.
Memiliki lantai kayu atau berpenampilan kayu bisa didapat dari beberapa macam opsi : lantai kayu solid, lantai laminate, vinyl, lantai engineering. Namun di artikel ini kita akan membahas lantai kayu solid dan lantai laminate saja.
Lantai Kayu Solid
Lantai Kayu Solid
Lantai kayu solid berasal dari pohon kayu sehingga bisa juga dikatakan lantai kayu asli yang berarti lantai benar-benar dari bahan kayu seutuhnya. Melalui beberapa proses dari pemotongan saat berupa log kayu hingga pemotongan kembali menjadi kepingan- kepingan sesuai ukurannya, pemilahan sesuai grade dan ukuran, kemudian dibagi menjadi 2 yaitu lantai kayu solid mentah dan lantai kayu solid finishing. Hingga akhirnya siap untuk dipasarkan. untuk kekuatan/tahan lama lantai kayu solid lebih bagus dibandingkan dengan lantai kayu laminate karena terbuat dari kayu asli.
Lantai Kayu Laminate
Sedangkan lantai laminate ini hadir berdasarkan kebutuhan masyarakat luas yang menginginkan mempunyai lantai dengan harga terjangkau tetapi tampilan menawan. Lantai laminate ini terdiri dari 4 lapisan (standartnya) yaitu lapisan atas (transparan), lapisan print (kayu dan model lantai lainnya), core (HDF high density fireboard) dan lapisan akhir (pelindung untuk kelembapan). Sama halnya dengan lantai kayu solid memiliki TnG (Tounge and Groove) untuk memudahkan pemasangan untuk kelemahan lantai kayu laminate adalah karena lantai kayu laminate berbahan baku partikel atau multiplek untuk lapisan tengahnya maka dapat dipastikan tidak akan tahan lama karena rawan akan kelembapan dan rayap.

Harga atau Budget

Masalah harga sudah sangat jelas sekali harga lantai laminate lebih murah dibandingkan dengan lantai kayu solid. Harga Lantai laminate dari awal diproduksi bertujuan untuk memberikan tampilan kayu sesuai yang diinginkan oleh konsumen dengan harga yang lebih terjangkau, lalu kemudian apakah dengan harga yang menyenangkan ini bisa mendapatkan kepuasan yang sama layak nya jika kita mempunyai lantai kayu solid? Tentu saja sangat disayangkan itu tidak mungkin terjadi dikarenakan lantai laminate ini hanya  meniru sifat- sifat dari lantai itu. Lantai laminate sama-sama mempunyai ketahanan yang lama asal mendapatkan perawatan yang baik seperti halnya lantai kayu solid

Harga lantai kayu solid lebih mahal dikarenakan persediaannya yang tidak begitu banyak dan berdasarkan kelebihan yang lain-lain seperti: kesan mozaik dan ukuran-ukuran yang variatif meskipun kadang juga bisa se-ukuran tetapi tetap memiliki bermacam-macam tampilan (laminate biasanya hanya satu ukuran dan banyak gambaran yang sama), sifat kayu yang menyerap panas dan menyimpannya untuk waktu tertentu sehingga lantai kayu solid tetap hangat meskipun dalam cuaca yang dingin atau pun ruangan ber-AC (laminate membutuhkan penghangat lantai di lapisan di bawahnya). Jika seseorang mengetahui sifat-sifat kayu maka dengan mudah mereka menebak apakah lantai yang Anda pasang adalah lantai kayu solid atau lantai laminate.

Tempat Pemasangan Lantai Kayu

Mereka sama-sama mudah dalam pemasangan karena saat ini lantai kayu solid pun memiliki TnG. Banyak macam cara pemasangan seperti penggunaan lem, paku dan sama halnya dengan laminate juga bisa dipasang dengan cara floating, yaitu dengan cara memberi lembaran pembatas (standar: foam) antara lantai dasar dengan bahan lantai dan kemudian memasang seluruh lantai di permukaan pembatas tersebut. Sedangkan untuk lantai kayu solid unfinish ada beberapa perlakuan yang harus dijalankan hingga lantai kayu solid ini terpasang dalam keadaan finishing (lebih sulit dibandingkan laminate).
Lalu mana yang lebih bagus lantai kayu solid atau laminate? Semua kembali ke tujuan dan harapan pemasang lantai. Dari budget laminate akan sangat bersahabat akan tetapi melepas semua sifat-sifat dari kayu solid yang dicari. Berdasarkan ruangan, disini Anda bisa bermain-main dengan menggunakan lantai kayu solid untuk ruang keluarga, ruang tamu dan ruang kamar tidur kemudian penggunaan laminate untuk ruang dapur dan basement. Informasi harga lantai kayu solid bisa Anda dapatkan di katalog kami tetapi disini kami hanya mempunyai lantai kayu solid saja atau bisa langsung kontak ke marketing kami di kontak person yang tersedia guna mendapatkan informasi tentang lantai kayu solid maupun lantai laminate.atau anda bisa melihat daftar harga lantai kayu

Lokasi Giri Parket

Google+ Followers